Kritik Dari The Ubermensch

ubermench.jpg

 

Mata Kuliah Logika Hukum

 

Anak hukum.

Hukum berbicara tentang keadilan.

Bukan tentang ketamakan. Contoh: menumpuk uang.

Atau tentang keangkuhan. Contoh: membanggakan gelar sarjana ilmu hukum Universitas Indonesia.

Atau  memihak kepada kejahatan. Ok. Saya mulai mengawang-ngawang. Ini mata kuliah logika hukum. Bukan mata kuliah mengawang-ngawang.

Hmm. Justice. Keadilan.

Faktanya, ada seorang kakek renta yang tiap malam menjaga perlintasan kereta api. Di pondok yang sangat sengit. Untuk memastikan mahasiswa-mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Indonesia tidak tertabrak kereta api.

Logika hukum. Logis kah, ketika mahasiswa dan mahasiswi Hukum UI memajang, gambar-gambar mereka dengan penuh senyum dan tawa dan memakai jas dan rok megah di depan Fakultas Hukum UI ketika orang tua itu berada dalam keadaan sengsara?

Mata kuliah logika hukum selesai.

 

The Ubermensch

Gua biasanya di takor

 

Tulisan itu saya temukan di depan taman S&T, beberapa lembar diletakkan di atas meja-meja putih sekitar situ. Saya rasa ini datang dari seorang mahasiswa FISIP yang mulai gerah dengan keangkuhan mahasiswa Ilmu Hukum.

Mungkin memang harus ada teguran secara eksplisit agar kami sadar bahwa menjadi mahasiswa adalah tentang pengabdian. Bukan tentang sebarapa bagus jas yang dikenakan, atau seberapa banyak piala yang dikumpulkan. Tetapi tentang seberapa berguna kami pada masyarakat.

Seorang pemimpin dengan kharisma luar biasa pernah berkata, “Sebaik-baiknya manusia adalah manusia yang berguna bagi manusia lainnya”. Saya rasa jika lebih banyak mahasiswa yang memahami dan memaknai perkataannya, tidak akan ada tulisan semacam ini tersebar di Fakultas Hukum Universitas Indonesia.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s