Tentang Manusia

Menurut legenda yunani kuno, manusia pada awalnya diciptakan dua kepala dan badan serta empat tangan dan kaki. Namun karena takut dengan kekuatan yang dimiliki oleh manusia, Zeus membelah dua masing-masing dari tubuh mereka lalu melempar mereka ke bumi. Maka itu manusia di bumi akan sibuk mencari belahan tubuh mereka yang hilang.

Legenda memang selalu saja bodoh. Zeus yang saya kenal tidak akan takut dengan makhluk yang bertangan dan kaki empat. Zeus adalah dewa yang mampu melepaskan saudaranya yang ditelan oleh Kronos, sang ayah. Penguasa petir yang paling kuat di gunung Olympus tidak akan memiliki rasa takut kepada makhluk lain, bahkan kepada Hades si penguasa dunia bawah.

Manusia yang saya kenal adalah para pendosa yang mencari tujuh hal paling dikutuk dalam kehidupan. Gluttony, greed, sloth, lust, pride, envy lalu wrath adalah hal yang mereka cari sepanjang hidupnya. Mereka adalah makhluk yang secara menjijikkan memasukkan apa saja ke perutnya. Makhluk ini rela saling bunuh demi harta. Nafsu dan kebanggan adalah pemicu detak nadi mereka. Pada akhirnya mereka tak berbeda dengan binatang yang selalu iri dengan binatang lain.

Di sini lucunya. Manusia melihat manusia lain sebagai pendosa saat mereka belum menemukan belahan tubuhnya yang hilang.

Atau mungkin juga belahan jiwanya?

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s