obrolan

“Great Minds Discuss Ideas; Average Minds Discuss Events; Small Minds Discuss People.”

gua termasuk orang yang senang sekali mengobrol. catatan guru sejak gua SD dulu selalu sama. di rapor gua tiap tahun selalu tertulis, “robi salamunef, kurangi mengobrol dan jalan-jalan”. yep, di umur gua yang 18 tahun ini, gua masih dengan kebiasaan lama gua. mengobrol dan jalan-jalan.

jenis obrolan gua berubah seiring dengan bertambahnya umur. waktu SD dulu, obrolan gua seputar komik yang baru terbit. cerita doraemon dengan alat-alat ajaibnya. barang apa yang baru dibeli suneo lalu dipamerkan ke nobita. pernah gua membuka forum kecil anak SD penggemar komik doraemon untuk mendiskusikan di komik volume berapa shizuka terlihat sedang mandi tanpa busana.

iya, gua tau ini ekstrem untuk anak berumur sembilan tahun.

sekarang obrolan gua udah mulai berkembang. walaupun masih sering ngobrolin komik, setidaknya gua udah gapernah membahas tentang shizuka yang sedang mandi. dari mengobrol, gua belajar cara berargumen. bagaimana cara merespon pertanyaan dan membantah pernyataan.

bokap gua pernah berkomentar tentang kebiasaan gua ini, “kamu terlalu banyak berbicara untuk ukuran laki-laki”. entah sebuah pujian atau sindiran. mungkin bokap kurang bisa membedakan antara berargumen dan bergosip. mungkin juga gua yang salah mencirikan argumen dan gosip.

entahlah.

Leave a Reply

